Jumat, 18 Agustus 2023 - 07:15:38 WIB

Bersama PHR

Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji dan Rektor Unilak Resmikan Penggunaan Ekoriparian dan Taman Kehati Unilak

PEKANBARU, Riaupunya.com -- Pertamina Hulu Rokan Bersama dengan Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji dan Rektor Unilak meresmikan penggunaan dan pemanfaat Ekoriparian dan Taman Kehati yang ada di lingkungan Kampus Unilak. Peresmian dilakukan di hari istimewa tepat diperingatan HUT ke 78 RI 17 Agustus 2023. Kamis 17 Agustus 2023.

Peresmian dilakukan setelah pelaksanaan upacara bendera Dirgahayu Kemerdekan Indonesia. Yang di tandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof Irwan Effendi, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi dan perwakilan PT Pertamina Hulu Rokan Sr. Analyst Social Performance PHR Delly Paramita, turut disaksikan seluruh Wakil Rektor, Dekan, dosen dan pegawai Unilak.

Turut hadir Priawansyah Analyst Social Performance, PHR WK Rokan dan Clairine Hagins, HES Engineer, EPS. PHR WK Rokan.

Ekoriparian dan Taman Kehati Unilak yang dibangun oleh Pertamina Hulu Rokan ini mendapatkan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup, setelah dibangun PHR, ekoriparian Unilak memiliki lokasi yang sangat asri, indah, berbukit dan berundak-undak.

Letaknya berada di pintu masuk kampus Unilak dari gerbang jalan Yos Sudarso, Ekoriparian ini memiliki danau yang ditata dengan baik, tersedia jembatan di tengah danau, serta memiliki jogging track mengelilingi danau.

Perwakilan PHR Rokan Sr. Analyst Social Performance PHR Delly Paramita dalam sambutannya menyampaikan rasa senang dan berbangga hati bisa hadir dalam soft louching ini. Ini upaya PHR sebagai bagian tanggung sosial dan lingkungan serta salah satu bentuk kemitraan strategis antara pihak perusahaan mewakili BUMN dengan Unilak mewakili institusi pendidikan dan pemerintah.

Semoga fasilitas ini dapat menjadi fasilitas yang dapat dipergunakan untuk banyak pihak, untuk elemen pendidikan tidak terlupakan dan bisa diakses oleh masyrakat, dan mudah-mudah pengelolannya bisa berjala lancar.

"Silahkan hubungi kami kapan saja untuk konsultasi dan diskusi untuk rencana pengembangan kedepannya," ucap PHR.

Sementara, Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengatakan secara khusus terimakasih kepada PHR yang banyak membantu Unilak, sudah lama kerjasama yang dilakukan dengan Unilak, dan salah satu karya menumental kerjasama dengan PHR adalah pembangunan Ekoriparian dan taman Kehati. Ini adalah suatu fasilitas yang sangat baik, dan sangat penting bagi Unilak.

"Kami akan kelola ini dengan baik, tidak hanya untuk civitas akademika, tapi juga terbuka untuk publik. Mulai hari ini masyarakat umum dapat menggunakan fasilitas ekoriparian, sama-sama kita rawat dan jaga fasilitas ini, kita akan banyak memperoleh manfaat. Kami akan berkoordinasi dengan PHR semoga kedepan akan ada pengembangan lainnya," ucap Prof Junaidi.

Fasilitas Ekoriparian ini meliputi kawasan seluas lebih kurang 10 hektar di area kampus UNILAK, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Konsep ekoriparian dirancang untuk restorasi dan konservasi dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial masyarakat, dan ekonomi yang saling terintegrasi.

Terdapat constructed wetland atau rawa buatan yang diciptakan dan didesain khusus untuk pengolahan air dengan memanfaatkan proses alami yang terintegrasi. Air yang mengarah ke danau akan mengalami dekontaminasi melalui proses alami yang melibatkan vegetasi rawa atau riparian. (yok)

Berita terkini

Rektor Unri Lantik Prof Jimmi Sebagai Dekan FKIP

Senin, 24 Juli 2023 - 11:48:40 WIB

Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua SMP Negeri Tahun ini

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:00:30 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+