Rabu, 12 Juli 2023 - 15:40:15 WIB

Dosen Unilak Lakukan Pengenalan Teknologi ChatGPT, Ini Pesan Rektor Junaidi

PEKANBARU, Riaupunya.com -- Saat ini Revolusi Industri 4.0 melanda, dunia digital mengalami perubahan luar biasa. Apalagi sejak hadirnya teknologi ChatGPT (Generative Pre-training Transformer) yang merupakan platform kecerdasan buatan yang membuka keran lebar-lebar kepada masyarakat untuk menggunakan artificial intelligence (AI) secara bebas termasuk dalam dunia akademik, kemarin.

ChatGPT adalah sebuah program komputer berbasis teks yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) untuk meniru cara manusia berbicara dan memberikan respons yang realistis dalam sebuah percakapan. ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI dan didasarkan pada arsitektur GPT-3.5.

Untuk memberikan manfaat bagi dunia akademik khususnya dilingkungan Univeristas Lancang Kuning, (Unilak) mengadakan sosialisasi dan praktek penggunaanya.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, turut hadir Wakil Rektor I Dr Zamzami MKom, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Dekan se Unilak, Kaprodi, dan dosen, dengan narasumber Guntoro ST MKom dan Loneli Costaner MKom.

Prof Dr Junaidi saat membuka acara mengatakan, saat ini semakin banyak penggunan kecerdasan buatan AI dan ChatGPT. Termasuk dalam dunia akademik. Mahasiswa juga banyak yang menggunakannya termasuk dalam tugas-tugas perkuliahan, bagi dosen juga menggunakannya dalam memberikan tugas, jurnal dan lain lain. Maka dari itu dosen juga harus memahami dengan akurat.

"Hari ini materi kegiatan diberikan oleh dosen Unilak Pak Guntor dan Lonely yang beberapa bulan lalu memberikan pelatihan di kampus Malayasia. Maka manfaatkan aplikasi ini sebaik baiknya. Rasanya kita tidak mungkin menolak, tidak mungkin dilarang, kemajuan teknologi saat ini. Gunakan teknologi ini untuk membantu kita," ucap Prof Junaidi.

Sementara itu Loneli Costaner mengatakan beberapa manfaat ChatGPT yaitu konsultasi, mencari Informasi/tips, mencari inspirasi ide, memiliki teman belajar, memiliki mentor menulis, membuat materi dll.

"Beberapa hal yang perlu diketahui untuk menggunakan chatGPT yang benar yaitu, gunakan ChatGPT sebagai pelengkap, verifikasi informasi, sadari adanya bias, ikuti standar akademik, edit dan periksa ulang."

Selama kegiatan sosialisasi berlangsung, dosen-dosen Unilak antusias bertanya untuk mendapatkan materi dapat mengkilik tautan di bawah ini : https://unilak.ac.id/download. (yok)

Berita terkini

Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua SMP Negeri Tahun ini

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:00:30 WIB

Wabup Indra Gunawan Puji Penyaluran TJSP PT SAI dan PT EDI

Minggu, 16 April 2023 - 10:55:51 WIB

Kapolres Siak Bersama Forkopimda Musnahkan Barang Bukti

Selasa, 21 Maret 2023 - 12:25:41 WIB

Bupati Alfedri : Angka Putus Sekolah Mencapai 1400 Orang

Jumat, 24 Februari 2023 - 14:55:37 WIB

Gandeng Disnakertrans Riau, PT SPR Gelar Bimtek K3

Selasa, 14 Februari 2023 - 17:40:20 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+