Kamis, 28 Maret 2024 - 07:00:22 WIB

Oleh: H. Rahmat Puthra, S. Hi, MH

Menguak Misteri Malam Lailatul Qadar

H. Rahmat Puthra, S. Hi, MH

https://riaupunya.com/gambar/foto/6064718598.png

BULAN Ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. (Q.S: Al - Qadr : 3)

1000 bulan merupakan kiasan untuk menunjukkan keagungan malam tersebut, yakni lebih dari 80 tahun, sehingga sekiranya seseorang tidak diberi umur yang panjang, maka cukuplah baginya untuk mendapatkan anugerah malam tersebut untuk menutupi segala kekurangan amal ibadahnya. Ini merupakan rahmat dan keberuntungan yang diberikan oleh Allah kepada umat Nabi Muhammad SAW karena Allah tidak memberikan kepada umat-umat terdahulu.

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah, karena pada malam tersebut Allah menurunkan kandungan Al-quran secara keeluruhan kepada ruh Nabi, yang kemudian selanjutnya diturunkan secara bertahap selama 23 tahun pada dua periode. Kemudian, pada malam lailatul qadar Allah menetapkan takdir bagi seluruh hamba-Nya. Takdir atau ketetapan ilahi seperti apakah yang terjadi pada malam tersebut sebagaimana yang disebut pada ayat lainnya seperti dalam surat Ad-Dukhan ayat 3, Allah menentukan semua tadir manusia selama setahun penuh kedepannya. Ditentukan rezeki dan segala perkara lainnya pada malam tersebut. Keagungan lain pada malam ini adalah turunnya seluruh ruh suci, ruh para Nabi dan ruh para kekasih Allah, jibriL dan seluruh para malaikat menuju alam dunia. Mereka semua akan menebar salam dan rahmat pada setiap hamba Allah yang sedang mengingat-Nya melaksanakan shalat atau ibadah-ibadah lainnya yang disyariatkan.

Saya ingin berbagi cerita sebuah kisah inspiratif dengan seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Abu Hurairah RA. Beliau adalah salah satu sahabat yang sangat rajin mengumpulkan hadits dari Rasulullah SAW, sehingga beliau dijuluki dengan pengumpul hadits. Pada suatu malam lailatul qadar, Abu Hurairah melihat Rasulullah SAW keluar dari rumahnya dan pergi ke mesjid. Karena ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda pada malam yang mulia itu, Abu Hurairah RA memutuskan untuk mengikuti Rasulullah SAW ke mesjid. Di mesjid, Rasulullah SAW melihat Abu Hurairah RA dan bertanya kepadanya, Apa yang membawa kamu kesini pada malam yang mulia ini, wahai Abu Hurairah?

Abu Hurairah RA menjawab, Aku ingin mengumpulkan pahala yang banyak di malam yang penuh berkah ini, Mendengar jawaban Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, Hai Abu Hurairah, aku akan memberimu satu kalimat, jika engkau mengamalkannya dengan benar, niscaya engkau akan memperoleh pahala yang lebih besar dari pada apa yang telah engkau kumpulkan dari hari pertama engkau mengenal Islam hingga saat ini. Katakanlah: Subhaanallah, Walhamdulilaah, wa la ila ha illallaah, wallahu akbar.

Abu Hurairah RA sangat gembira mendengar kalimat tersebut dan mengamalkannya dengan sungguh-sungguh. Beliau berzikir dengan kalimat tersebut sepanjang malam .hingga datang waktu subuh. Setelah itu Abu Hurairah RA pergimenemui Rasulullah SAW dan memberitahukan bahwa beliau telah mengamalkan kalimat yang diajarkan dengan sungguh-sungguh.

Mendengar hal tersebut Rasulullah SAW besabda: Wahai Abu Hurairah, sungguh engkau telah mendapatkan apa yang engkau inginkan. Allah SWT telah memberimu pahala yang lebih besar dari pada apa yang telah engkau kumpulkan dari hari pertama engakau mengenal Islam hingga saat ini.

Itulah cerita inspiratif sahabat Abu Hurairah RA yang berhasil menggapai pahala yang berlipat ganda di malam lailatul qadar dengan mengamalkan kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semoga cerita ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk mengisi malam lailatul qadar dengan amalan-amalan yang bermanfaat. Aamiin.

Oleh karena itu, mari saudaraku, kita tingkatkan ibadah kita untuk mendapatkan kemuliaan malam lailatul qadar. Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Wallaahu alam bishawab.

H. Rahmat Puthra, S. Hi, MH, Penyuluh Agama Fungsional Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru

Berita terkini

Oleh: Harmudianto, S.Ag

Menjemput kemenangan

Kamis, 21 Maret 2024 - 07:35:59 WIB
Oleh : Nia Dahlia, S.Ag

10 Hikmah Puasa Ramadhan

Minggu, 17 Maret 2024 - 06:50:45 WIB
Oleh : H. Suryandi Temala Lc MA

Puasa Berkah Tanpa Masalah

Rabu, 13 Maret 2024 - 07:05:13 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+