Sabtu, 25 Juli 2020 - 15:15:37 WIB

PMB Unilak, Inovasi Rektor Muda Ditengah Pandemi Corona

Rektor Unilak, Dr. Junaidi, S.S, M.Hum

Riaupunya.com -- Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memberi dampak yang cukup signifikan bagi tatanan kehidupan masyarakat, tidak hanya bidang kesehatan, dampak virus yang pertama terdeteksi di Wuhan China tersebut juga sangat dirasakan disektor lainnya, tak terkecuali bidang pendidikan khususnya dilingkungan kampus.

Jika ingin tetap bertahan, kampus harus benar-benar memiliki program yang jitu hingga tidak ditinggal calon Mahasiswa. Sosialisasi secara daring (Online) menjadi tandangan tersendiri bagi pihak kampus untuk bisa menarik simpati calon Mahasiswa.
Hal itu pula yang dirasakan Universitas Lancang Kuning atau disingkat dengan Unilak, didirikan pada tahun 1982 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji. Memiliki 9 Fakultas dengan jumlah Program Studi (Prodi) sebanyak 19 program studi S1 dan 2 program studi pascasarjana. Yakni, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kehutanan, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan Program Pascasarjana.

Dipimpin oleh Rektor muda dan energik, yakni Dr. Junaidi S.S, M.Hum, yang mempunyai visi Menjadi Universitas Unggul di Tingkat Nasional berlandaskan Budaya Melayu. Dilantik sekitar enam bulan lalu, dalam pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini melakukan berbagai inovasi, inovasi yang dibuat tidak jauh dari tujuan agar bisa membawa calon mahasiswa sebanyak-banyaknya ke kampus yang terletak di bagian utara Kota Pekanbaru ini.

Mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi informasi saat ini, calon mahasiswa Unilak bisa melakukan pendaftaran lewat smartphone, dengan mengupload file dokumen, KTP, kartu keluarga, ijazah, transkrip nilai dan pas foto, calon mahasiswa bisa mendaftar di website resmi PMB.unilak.ac.id. Cukup dari rumah, cafe, warung dan lainnya, calon mahasiswa sudah bisa mendaftar.

“Tahun ini kita menerima mahasiswa dalam suasana musibah pandemi Corona. Menyesuaikan kondisi ini, kita melakukan berbagai terobosan, agar jumlah mahasiswa yang kita terima tidak berkurang, dan bahkan kita menginginkan bisa bertambah dari tahun lalu. Disinilah kerja keras dari tim Unilak untuk bisa terus berinovasi, agar calon Mahasiswa dan terutama para orang tua bisa mempercayakan Unilak sebagai tempat anak mereka untuk melanjutkan studi,” jelas Rektor Unilak Doktor Junaidi.

Rektor menyebut, meyakinkan calon Mahasiswa dan orang tua/wali secara online menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya dan panitia PMB. Karena akan sangat berbeda ketika seseorang memperoleh informasi secara langsung melalui tatap muka dengan secara online, meskipun yang ingin memperoleh informasi bisa saling berdialog.

Karenanya, bersama panitia kita menawarkan berbagai program atau jalur dalam PMB Unilak tahun ini, seperti untuk membantu masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi terkendala nilai dan lapor yang masih disekolah, sementara sekolah tutup karena wabah Corona. Unilak membuka jalur Unilak Save Kuliah, melalui jalur ini calon Mahasiswa baru dibebaskan dari biaya pendaftaran dan diterima tanpa tes.

Kondisi ditengah wabah Corona, banyak calon mahasiswa yang kelas tiga, berkas dan nilai kelulusan belum mendapatkan kepastian, sementara sekolah masih tutup, untuk itulah Unilak memberikan kemudahan saat mendaftar, cukup berdasarkan nilai raport dan berkas persyaratan wajib (ijazah dan nilai) nantinya akan diserahkan saat proses awal perkuliahan atau ajaran baru.

Melalui jalur pendaftaran yang dibuka pada 21 April 2020 hingga 4 Mei 2020 dengan menggunakan sistem ujian masuk melalui Computers Based Test (CBT) secara online tersebut, mampu menarik ribuan calon mahasiswa untuk kuliah di Unilak. “Alhamdulilah respon masyarakat yakni orang tua cukup baik pada PMB melalui jalur Save Kampus ini,” kata Doktor Junaidi.

Berikutnya, Unilak meluncurkan program baru yakni jalur Pasti Kuliah . Dalam jalur yang dibuka pada 5 Mei hingga 26 Juni 2020 tersebut, Unilak memberi kemudahan kepada mahasiswa baru, dengan hanya membayar SPP sudah bisa kuliah, artinya mereka tidak perlu memikirkan harus membayar uang pembangunan baru bisa berkuliah.

Menurut Ketua PMB Unilak yang juga Wakil Rektor I bidang Akademik Zamzami.S.Kom,.M.Kom, jalur Pasti Kuliah ini banyak memberikan kemudahan dan keuntungan bagi calon mahasiswa.

“Jalur pasti kuliah ini mengakomodir dari keinginan dan harapan para orang tua, dan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di tengah kesulitan kondisi wabah Corona dengan memberikan keringanan sistem pembayaran dan diskon uang pengembangan,” sebutnya.

Dijelaskan Zamzami, keuntungan bagi calon mahasiswa yang mengambil jalur pasti kuliah adalah pertama proses pendaftaran tanpa ujian/tes, Kedua Proses kelulusan dilihat berdasarkan ijazah dan nilai ujian sekolah. Ketiga cukup dengan membayar SPP sudah bisa kuliah. Keempat, Uang pendaftaran hanya 300rb. Kelima, diskon uang pengembangan hingga 50 persen. Keenam angsuran uang pengembangan sampai Januari 2021. Dan yang ketujuh, pendaftar bisa memilih kelas reguler A dan B.

Di tambahkan Zamzami, jalur pasti kuliah dibuka untuk membantu masyarakat, calon mahasiswa, yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan sistem pembiayaan yang terjangkau dan ringan.

“Jika dilihat kondisi saat ini yang masih wabah Corona banyak calon mahasiswa dan orang tua yang terdampak Corona secara ekonomi, maka dari itu Unilak membantu dengan memberikan kemudahan dan diskon biaya dan ini adalah bentuk komitmen kami dan kepedulian Unilak dalam bidang pendidikan,” pungkasnya.

https://riaupunya.com/gambar/foto/9407812822.jpeg

Beasiswa Full untuk Hafiz Quran

Tidak hanya memberi kemudahan bagi calon mahasiswa melalui beberapa jalur pendaftaran, kepada calon Mahasiswa Unilak juga memberikan sejumlah motivasi agar bisa kuliah di kampus tersebut, yakni dengan memberikan sejumlah beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa full selama 4 tahun. Hal itu berlaku bagi mereka yang Hafiz 10 juz.

“Ya, kita akan berikan beasiswa full untuk mereka yang Hafiz Quran 10 Juz. Ini merupakan bagian dari komitmen Unilak dan Pemerintah Provinsi Riau dalam memberikan perhatian khusus bagi para Hafiz dan Hafizah,” jelas Rektor Unilak Doktor Junaidi.

Unilak menurut Junaidi siap memberikan pelayanan terbaik bagi calon mahasiswa. Dengan 9 fakultas dan 19 prodi berakreditasi A dan B, peminat bebas memilih prodi yang diinginkan, Di unilak telah menggunakan teknologi informasi diantaranya blended learning, KRS online, sistem pembayaran online dan lain lain.

Beasiswa lainnya yang bisa didapatkan di Unilak adalah Bidikmisi Kemenristek Dikti, Bidikmisi Aspirasi, PPA Aspirasi Kopertis Wil X, KIP-Kuliah, PPA Kopertis wil X, Bhakti Negeri Pemprov Riau, Bansos Pemprov Riau, Prestasi Pemprov Riau, Bank Indonesia, Zakat Unilak, Prestasi bidang Olahraga dan Seni Unilak, Cendikia Unilak, Tahfidz Quran Unilak, dan beasiswa bidang akademik.

Saat ini Unilak secara institusi Unilak berakreditasi B, 2 program studi berakreditasi A, 19 program studi berakreditasi B dan program pascasarjana berakreditasi B. Unilak juga banyak mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya kampus berprestasi bidang olahraga oleh KONI Pekanbaru tahun 2019.

Kampus kategori utama bidang penelitian oleh LLDIKTI, penghargaan dari Komisi Informasi Publik provinsi Riau. Kampus terbanyak penerima beasiswa pemprov. Riau, kampus terbanyak peraih mendali emas komnas Jakarta dan Makasar, mendali emas Asean university games, juara lomba bedat mahasiswa, juara entrepreneurship 2018 LLDIKTI, juara dunia pancak silat Singapura dan lainnya.

So..! tunggu apalagi, ayo daftar dan bergabung di Unilak, kampus pencetak insan cerdas berkualitas dan berbudaya Melayu. (nik)

Berita terkini

Puskar dan Fisipol UIR Gelar Webinar

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:15:56 WIB
Semarak Milad ke-38

Ini Finalis Segak Lawa Unilak 2020

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:05:32 WIB

Alumni Unilak Bantu Alat Berat Untuk Pembangunan Kampus

Kamis, 02 Juli 2020 - 17:55:08 WIB

Unilak Tujuan Favorit Pelajar Thailand Selatan

Jumat, 12 Juni 2020 - 17:45:41 WIB

Hebat, Unilak Peringkat Dua PTS di Riau

Jumat, 05 Juni 2020 - 14:10:40 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+

Advertorial

Religi