Senin, 29 Juni 2020 - 12:45:10 WIB

Tim PKM Dosen Fekon Unilak Bantu Manajemen Bank Sampah di Rumbai Pesisir

Riaupunya.com -- Bagi sebagian orang sampah adalah benda tak berharga, tetapi di tangan orang orang kreatif dan berpikir maju, sampah bisa menjadi emas.

Jika sampah dipilah dan dipilih akan kelola dengan baik termasuk dalam hal manajemen keuangan dan operasional tentunya akan menjadi lebih bermanfaat.

Didasari hal diatas maka tim PKM Dosen Fekon Unilak melakukan kegiatan pengabdian di di kelurahan limbungan dengan mengunjungi bank Sampah Berkah Abadi yang di kelola oleh Ibnu Hajar.

Tim PKM unilak diketuai oleh DR. JENI WARDI. SE. M.Ak, Ak,.CA, sebagai anggota
LIVIAWATI, SE., M.Si., Ak, CA, GUSMARILA EKA PUTRI SE, M.Ak.

Dijelaskan Jeni, walikota Pekanbaru telah memiliki program bank sampah yang telah dituangkan dalam perwako no 15 tahun 2016, tetapi dalam pelaksanaan ada beberapa kendala, seperti sumber daya manusia. Maka dari itu kita sebagai akademisi Unilak ingin memberikan kontribusi dan berperan aktif menggerakkan program bank sampah di tiap kecamatan di Pekanbaru, Senin, 29 Juni 2020.

"Beberapa hari lalu, dimulai dari Kecamatan Rumbai Pesisir dengan berkunjung bank sampah berkah abadi di RW 09 yang ada di limbungan dan melihat langsung pengelolaan sampah." Ujar Jeni.

Di jabarkan Jeni, hasil kunjungan kami beberapa waktu lalu ke bank Sampah Berkah Abadi belum berjalan baik dan lancar karena masih terdapat masalah dengan manajemen adiministrasinya. Adapun Masalah mitra tersebut dari sisi manajemen organisasi yaitu mitra belum menyusun struktur organisasi mulai dari pengambilan sampah sampai kepada penjualan sampah serta administrasi yang akan mencatat dan menimbang sampah yang telah dipilah oleh masyarakat.

Disamping itu belum disusun juga lay out operasional yang efektif pada proses mulai dari pengambilan sampah dari masyarakat lalu dipisahkan dan dipilah-pilah sampai kepada penjualan sampah serta administrasi yang akan menimbang dan mencatat harga sampah tersebut.

Di ceritakan Jeni, bahwa pengelola (IBnu Hajar) sangat senang dan berterima kasih atas bantuan pemikiran dan kunjungan, di situ kita juga berdiskusi untuk memajukan bank sampah, sehingga persoalan sampah tidak lagi menjadi permasalahan tetapi menjadi berkah".

Ditambahkan Jeni, solusi yang kita berikan, Tim PKM unilak akan membantu membuatkan struktur organisasi Bank Sampah lengkap dengan jobdesk nya.dan membantu membuatkan Flowchart operasional bank sampah mulai dari pengambilan sampah dari masyarakat lalu dipisahkan dan dipilah-pilah sampai kepada penjualan sampah serta administrasi yang akan menimbang dan mencatat harga sampah tersebut serta Tim akan mengajarkan bagaimana membuat anggaran untuk pengendalian keuangan

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan kontribusi nyata dari Dosen Fekon Unilak untuk warga sekitar kampus" Tutup Jeni. (rls)

Berita terkini

Unilak Tujuan Favorit Pelajar Thailand Selatan

Jumat, 12 Juni 2020 - 17:45:41 WIB

Hebat, Unilak Peringkat Dua PTS di Riau

Jumat, 05 Juni 2020 - 14:10:40 WIB

Cukup Bayar SPP, Sudah Pasti Kuliah di Unilak

Rabu, 06 Mei 2020 - 15:10:40 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+