Rabu, 17 Juni 2020 - 20:00:59 WIB

Kembangkan UMKM

Tiga Dosen Unilak Adakan Pelatihan Manajemen Keuangan

Riaupunya.com -- Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia sangat besar, potensi pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM sangat terasa besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan lokal baik dari segi pajak, tenaga kerja maupun keuangan.

Atas dasar ini, tiga dosen fakultas ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak ) yang di ketuai oleh Aznuryandi. SE., M.Si,sebagai anggotaDwika Lodia Putri. SE.,M.Ak dan Drs. Nurmansyah.SR. Bsc. MM membantu pengembangan UMKM dengan mengadakan pelatihan dalam manajemen keuangan. Selama ini manajemen keuangan UMKM di Indonesia dan Riau masih menerapkan pola tradisional.

Hal ini lah yang melatar belakangi tiga dosen unilak melakukan pengabdian bagi UMKM Dapur Bisnis yang ada kecamatan Tenayan Raya.

Diikuti oleh 20 peserta yang didominasi ibu rumah tangga, pelatihan ini mengangkat tema Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Kelurahan Bencah Lesung Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, awal Juni lalu.

Dihubungi lewat pesan WhatsApp Rabu sore 17 Juni 2020 Lodia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian Tri Darma Perguruan tinggi, yang fokus pada pengembangan UMKM Khususnya manajemen.

Adapun peserta didominasi ibu ibu, karna sebagian besar UMKM pengelolaan manajemen keuangan ada pada ibu."Para peserta antusias dalam menerima materi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat Fekon unilak, kendala yang di hadapi para peserta adalah keterbatasan modal dan keterbatasan kemampuan dalam pola pikir untuk memulai usaha sampingan yang akan mendatangkan keuntungan atau meningkatkan pendapatan keluarga," katanya.

Ditambahkan Lodia, tujuan kegiatan ini adalah peningkatan Pemahaman dan keahlian manajemen keuangan dalam upaya peningkatan daya saing. Saat wabah Corona UMKM memang terdampak.

"Tapi jika UMKM fokus pada kebutuhan konsumen terus berinovasi, baik level produk, servis dan sesuai dengan perilaku konsumen dan penelitian maka UMKM bisa bangkit," pumgkasnya.

Sebagai informasi di awal tahun 2020, dosen Fekon unilak juga membantu UMKM membantu membuat sarden olahan rumah tangga dan membantu dalam pemasaran dan kualitas produk. (rls)

Berita terkini

Unilak Tujuan Favorit Pelajar Thailand Selatan

Jumat, 12 Juni 2020 - 17:45:41 WIB

Hebat, Unilak Peringkat Dua PTS di Riau

Jumat, 05 Juni 2020 - 14:10:40 WIB

Cukup Bayar SPP, Sudah Pasti Kuliah di Unilak

Rabu, 06 Mei 2020 - 15:10:40 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+

Advertorial

Religi

Sarwan Kelana Lantik Pengurus Remaja Masjid As Sakinah

Sarwan Kelana Lantik Pengurus Remaja Masjid As Sakinah

Minggu, 07 Juni 2020 - 17:55:52 WIB
Pasutri ini Pasrah Tidak Bisa Berangkat Haji

Pasutri ini Pasrah Tidak Bisa Berangkat Haji

Rabu, 03 Juni 2020 - 14:35:34 WIB
Peduli Covid 19, YAZID Serahkan Sembako Kepada Mustahik

Peduli Covid 19, YAZID Serahkan Sembako Kepada Mustahik

Selasa, 05 Mei 2020 - 17:35:21 WIB
Fikom UIR Bedah Mushalla di Inhu

Fikom UIR Bedah Mushalla di Inhu

Rabu, 01 April 2020 - 09:55:24 WIB