Kamis, 31 Desember 2020 - 10:10:32 WIB

Sempena Milad ke-36 FIB Unilak, Suka Suka Chanel Raih Juara Satu Lomba Film Dokumenter

Dekan FIB Unilak, M. Kafrawi, S.S., M.Sn

Riaupunya.com -- Suka-Suka Chanel yang mengirimkan film dokumenter berjudul “Sejarah Tugu Titik Nol”, keluar sebagai pemenang 1 dalam lomba film pendek dokumenter yang ditaja sempena Milad ke-36 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (FIB Unilak) Pekanbaru, Riau.

Sementara juara 2 diraih oleh Harumanti dengan judul “Jelajah Kampung Bandar”, dan juara 3 diraih oleh Neneng Susilawati dengan judul “Buang Tetegur”.

Pengumuman pemenang lomba ini diselenggarakan Rabu 30 Desember 2020 dari rangkaian puncak Hari Jadi FIB Unilak. Saat itu juga diumumkan pemenang fotografi.

Dimana untuk lomba fotografi ini juara 1 diraih oleh Dwi Purnomo dengan judul “Sejuknya Berolahraga di Universitas Lancang Kuning”, juara 2 diraih oleh Febby Aldias dengan judul “Budidaya Ikan Kolam Terpal Sistem Bioflok di Kawasan Kampus Unilak”, dan juara 3 diraih oleh Doddy Vladimir dengan judul “Wisuda Drive Thru Unilak”.

Jefrizal, S.Hum., M.Sn selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, antuasias para peserta lomba dalam peringatan hari jadi FIB Unilak ke-36 ini sangat luar biasa. Dirinya tidak menyangka jika kegiatan yang persyaratannya disebarkan melalui media sosial ini diikuti oleh puluhan peserta.

“Untuk lomba fotografi, panitia menerima 83 foto dari 19 peserta. Sementara film diikuti oleh 8 peserta. Ini suatu hal yang luar biasa tentunya. Dikala pandemi melanda negeri ternyata masih banyak dari kita yang mau tetap berkarya kreatif,” jelas Jefri yang juga merupakan Wakil Dekan III di FIB Unilak.

Jefri menambahkan, penjurian dari lomba ini juga melibatkan para pakar fotografi dan film. Mereka adalah Fachrozi Amri, S.Sn., M.Sn dari Dewan Kesenian Riau, Widiarso, S.H dari Humas Unilak yang juga merupakan mantan wartawan fotografi, dan M. Syafiq, S.Sn merupakan senias muda alumni IKJ. Ini dilakukan agar pemilihan para pemenang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara Dekan FIB Unilak, M. Kafrawi, S.S., M.Sn mengungkapkan rangkaian kegiatan ini dilaksanakan agar memberi ruang kepada masyarakat khususnya bidang seni dan budaya. Selain mengadakan lomba, FIB juga melakukan kegiatan lainnya sejak 17 Desember 2020 kemarin.

“Pada tanggal 17 Desember yang merupakan tanggal hari jadi FIB Unilak ke-36 kita mulai dengan seminar internal via zoom dimana diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni. 18 Desember pemberian penghargaan kepada mantan dekan dan dosen FIB Unilak. Lalu 19 Desember kita mengadakan seminar nasional via zoom yang menghadirkan para pembicara-pembicara nasional dan diikuti lebih dari 100 peserta. Dan terakhir adalah lomba ini yang kita sebarkan pengumumannya sejak november lalu,” ucap Dekan yang juga merupakan seniman Riau ini.

Kafrawi menambahkan, pelaksanaan sempena hari jadi FIB Unilak ke-36 ini sebenarnya ingin dilaksanakan lebih meriah seperti mengadakan pertunjukan seni dan kemah seni, namun karena pandemi masih melanda negeri hal itu ditiadakan dahulu.

“Semoga di tahun depan pandemi sudah hilang. Sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih meriah lagi. Tentunya tujuan kami adalah mendekatkan FIB Unilak kepada masyarakat,” tutup Kafrawi. (rls)

Berita terkini

Wisudawan FKIP Unilak, Nurhayatun Nufus Raih IPK 4

Jumat, 24 Juli 2020 - 02:35:35 WIB

PMB Unilak, Inovasi Rektor Muda Ditengah Pandemi Corona

Sabtu, 25 Juli 2020 - 15:15:37 WIB

Puskar dan Fisipol UIR Gelar Webinar

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:15:56 WIB
Semarak Milad ke-38

Ini Finalis Segak Lawa Unilak 2020

Kamis, 09 Juli 2020 - 16:05:32 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+