Selasa, 23 Mei 2023 - 15:25:15 WIB

Terlibat Penyalahgunaan Narkotika

Anggota Polres Siak Diberhentikan dengan Tidak Hormat

SIAK, Riaupunya.com -- Terlibat dalam jaringan pemakai narkotika dan ditangkap beberapa waktu yang lalu dan telah dinyatakan bersalah, oknum anggota Polres berpangkat Bripka diberhentikan dengan tidak hormat.

Pemecatan tersebut dilaksanakan oleh Kepolisian Resor (Polres) Siak Polda Riau dengan menggelar upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), Selasa 23 Mei 2023 yang berlangsung di halaman Mapolres Siak.

Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK, dengan Perwira upacara, Kasat Samapta, AKP Cecep Sujapar SH.

Dalam amanatnya, Kapolres Siak mengatakan, bahwa personel atas nama Bripka Andi Suhendra dipecat tidak dengan hormat berdasarkan Kep Kapolda Riau Nomor : Kep / 191 / V / 2023, yang dikeluarkan pada tanggal 8 Mei 2023 Tentang pemberhentian Tidak Dengan Hormat Dari Dinas Polri.

Ronald Sumaja juga menerangkan bahwa Bripka Andi Suhendra ini sebelum nya menjabat terakhir sebagai anggota Bintara di Polres Siak, dan hari ini diberhentikan tidak dengan hormat karena telah melanggar pasal 7 ayat (1) huruf b dan / atau Pasal 10 huruf D perkap nomor 14 tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri.

"Perlu kita ketahui semua, bahwa upacara PTDH ini merupakan salah satu wujud dan bentuk realisasi komitmen pimpinan Polri dalam memberikan sanksi hukuman bagi setiap personel di kepolisian yang melakukan pelanggaran, baik itu disiplin maupun kode etik kepolisian,"tegas AKBP Ronald.

Dan Pelaksanaan upacara PTDH lanjut Kapolres Siak, tentunya dapat terlaksana sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan dan sesuai ketentuan perundang - undangan yang berlaku sebagaimana ditinjau dari beberapa aspek diantaranya asas kepastian hukum yaitu terhadap personel polri yang melakukan pelanggaran sehingga menjadi jelas statusnya.

Kedua asas kemanfaatan yakni dengan mempertimbangkan sebagai mana besar manfaatnya bagi organisasi Polri yang dijatuhi hukuman dengan cara PTDH.

"Serta yang ketiga tentu nya mengacu kepada asas keadilan, yaitu kita memberikan reward kepada personel berprestasi ,serta memberikan punishment atau hukuman kepada anggota Polri yang terbukti melakukan pelanggaran baik disiplin maupun kode etik,"ungkap AKBP Ronald.

"Sedangkan keputusan ini tidak diambil dalam waktu singkat, akan tapi melalui proses yang sangat panjang, penuh pertimbangan dan dengan senantiasa berpedoman pada koridor hukum yang berlaku,"lanjut Kapolres Siak.

Upacara PTDH digelar dengan menghadirkan Bripka Andi Suhendra dengan simbolis pencopotan baju dinas yang terpasang digantikan pakaian batik oleh Kapolres Siak selaku Irup.

Upacara yang dilaksanakan sekitar pukul 08.00 Wib, dihadiri para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Perwira Staf serta Brigadir dari Bag dan satuan fungsi jajaran Polres Siak. (jas)

Berita terkini

Bupati Adil Ikut Terjaring OTT KPK

Jumat, 07 April 2023 - 05:00:16 WIB

Polsek Rupat Amankan Satu Tekong dan 21 PMI

Jumat, 07 April 2023 - 16:05:37 WIB

Polres Siak Tangkap Pemuda Bawa Ekstasi

Rabu, 08 Maret 2023 - 10:55:33 WIB

Selama 2022, Polresta Pekanbaru Amankan 343 Bandar Narkoba

Sabtu, 31 Desember 2022 - 17:20:50 WIB

KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Selasa, 29 November 2022 - 18:20:42 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+