Selasa, 26 Maret 2024 - 15:30:25 WIB

BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT

PEKANBARU -- Diikuti seluruh unit kerja dilingkungan kampus, Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Riau (BPH Umri) gelar lomba ibadah praktis sesuai tuntunan Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Muhammadiyah, Selasa 26 Maret 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan di Masjid Baitul Hikmah Kampus Utama Umri Jalan Tuanku Tambusai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Lembaga Al Islam Kemuhammadiyahan (LAIK) Umri merangkap Ketua Panitia Pelaksana.

Ketua LAIK Umri Afdal SUd MPi, mengatakan kegiatan ini merupakan amanah dan kerjasama yang dilakukan antara LAIK dengan BPH Umri, yang bertujuan untuk mengevaluasi tata cara tayamum, wudhu dan sholat di unit-unit yang ada di Umri.

"Lomba kali ini menitik beratkan pada Ibadah praktis, dimana aspek yang dinilai merupakan ibadah wajib yang kita kerjakan setiap hari, namun tentu kita perlu ada evaluasi barangkali harus di ulang-ulang kembali baik tatacara dan bacaan yang sudah dipelajari seperti dahulu dan tentu ini sesuai dengan HPT," ujar Afdal.

Selain itu LAIK bersama BPH Umri akan memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba yang akan diserahkan pada penutupan seluruh rangkaian kegiatan Ramadhan Ceria Umri yang dimulai sejak awal Ramadhan lalu.

"Untuk mengapreasiasi para serta, kita telah menyediakan sejumlah dana pembinaan bagi para pemenang nantinya. Ini merupakan kerjasama dengan BPH Umri yang tentunya penyerahan dan pengumuman pemenang kegiatan tersebut dibarengi dengan kegiatan berbuka puasa bersama dengan para dosen dan tendik dilingkungan Umri," pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga orang dewan juri yang berkompeten dari kalangan BPH Umri serta PW Muhammadiyah Riau. Adapun salah seorang dari dewan juri lomba ibadah praktis Dr Baidarus MM MAg, menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini dapat dilihat bagaimana dosen dan tendik dalam mengamalkan nilai-nilai ibadah sesuai kriteria dan tuntunan Muhammadiyah.

"Kriteria penilaian yang kita tetapkan mengacu pada standar Muhammadiyah bagaimana tatacara untuk tayamum, wudhu dan tata cara sholat tentu bacaan juga kita nilai. Alhamdulillah peserta yang mendaftar sebanyak 21 orang dari unit-unit yang ada di Umri," tutup Baidarus. ***

Berita terkini

Muhammad Sabarudi Hadiri Pembukaan MTQ ke-IV Kulim

Senin, 29 Januari 2024 - 20:50:16 WIB

Bupati Rohil Buka Secara Resmi Pasar Ramadhan 1445 H

Selasa, 12 Maret 2024 - 21:10:44 WIB

Pj Gubri Ajak Umat Islam Penuh Suka Cita Sambut Ramadan

Minggu, 10 Maret 2024 - 11:25:18 WIB

Bupati Kasmarni Resmikan Masjid Darul Wustho Kampung Tengah 

Jumat, 23 Februari 2024 - 14:55:03 WIB

MTQ XLI Riau, Sabarudi: Lahirkan Penerus Bertaqwa

Sabtu, 11 November 2023 - 20:55:35 WIB

Sambut Tahun Baru 2024, Pemda Siak Gelar  Gebyar Sholawat 

Jumat, 29 Desember 2023 - 11:44:37 WIB

Amat Zahir, Pengurus PWI Kabupaten Bengkalis Tutup Usia

Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:54:52 WIB

Kemenag Pekanbaru Gelar Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun

Jumat, 15 September 2023 - 15:15:28 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+