Selasa, 07 Februari 2017 - 00:00:00 WIB

Sertifikasi Kelembagaan Pariwisata Lahirkan Tenaga Profesional

RiauPunya.com -- Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Lancang Kuning Nusantara (LKN) gelar kegiatan cofee morning dan sosialisasi tanjak, di Grand Tjokro, Selasa 7 Februari 2017.

Hadir sebagai pembicara Deputy Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan dari Kementerian Pariwisata Wisnu Bawa Taruna Jaya, Kadis Pariwisata Riau Fahmizal Usman serta Direktur LSP LKN Riau sendiri Riyono Gede Terisko.

Dari kegiatan ini, Wisnu Bawa Taruna banyak berbicara tentang sertifikasi kelembagaan kepariwisataan. Tidak hanya lembaganya, pekerja yang bekerja ditempat-tempat layanan publik seperti hotel juga wajib memiliki kemampuan yang mumpuni khususnya tentang perhotelan itu sendiri.

"Sertifikasi ini sangat penting. Terutama dalam pengembangan tenaga kerja pariwisata yang profesional," kata Wisnu.

Hal ini tidak lain seiring dengan geliat perkembangan dunia pariwisata khususnya di Riau. Karena itu sebagai faktor pendukung, tentu tidak akan maju tanpa didukung sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional.

Menurut Wisnu, sertifikasi ini dapat diperoleh prosesional melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang ada di daerah maupun di pusat. Melalui LSP ini tentunya para tenaga kerja pariwisata lebih memiliki kompetensi.

"Sehingga kemana pun akan melamar, tentu akan mudah diterima oleh perusahaan pariwisata. Karena telah memiliki sertifikasi profesi tadi," paparnya.

Sementara Riyono Gede mengungkapkan, pihaknya telah melakukan uji petik dengan sistim acak. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari SDM yang handal dan bersertifikasi.

Pihaknya juga bekerjasama dengan asosiasi pariwisata, khususnya menginformasikan tentang SDM bersertifikasi."Sehingga dunia usaha merasa pentingnya akan kehadiran SDM berkualitas melalui lembaga sertifikasi ini," terangnya.

Pada kesempatan ini dilakukan juga pemasangan tanjak untuk seluruh pembicara. Hal itu dilakukan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan lebih luas lagi penggunaan dan arti dari tanjak yang menjadi khas melayu.


Sumber : MC Riau

Berita terkini

Menpar RI Tetapkan Bono Sebagai Destinasi Kelas Dunia

Kamis, 02 Februari 2017 - 00:00:00 WIB

Jalan-jalan di Surga Bunga Balinea, Bandung Punya!

Minggu, 29 Januari 2017 - 00:00:00 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+