Rabu, 17 Agustus 2022 - 06:50:00 WIB

Kombinasi Minyak Esensial Untuk Memerangi Pilek

RiauPunya.com -- Minyak atsiri telah digunakan selama berabad-abad oleh dokter rakyat, tetapi baru-baru ini menjadi lebih umum. Meskipun mereka mungkin telah meresap ke dalam popularitas karena aromanya yang harum dan menenangkan yang digunakan dalam aromaterapi, mereka sekarang menjadi lebih dikenal luas karena cara penyembuhannya (melalui WebMD).

Dilansir The List, banyak orang sekarang beralih ke minyak esensial untuk memberikan alternatif bantuan alami untuk obat-obatan sintetis. Mereka telah dianggap membantu meringankan kaskade ketidaknyamanan termasuk kecemasan, insomnia, sakit kepala, peradangan, dan stres, dan mereka juga dikatakan meningkatkan mood (melalui Klinik Cleveland).

Beberapa minyak esensial memiliki agen antimikroba, sementara yang lain menunjukkan sifat anti-jamur - ini termasuk oregano, thyme, cengkeh, lavender, clary sage, dan arborvitae (melalui Laporan Ilmiah). Ketika dicampur bersama, mereka dapat menghasilkan efek penyembuhan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai penghalang terhadap bakteri dan virus serta membantu dekontaminasi ruang hidup Anda. Ketika minyak esensial tertentu dicampur bersama, mereka dapat membantu mengurangi gejala flu biasa.

Cara Menggunakan Minyak untuk Mencegah Flu Biasa

Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk mencegah masuk angin, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yang membuat kita lebih tahan untuk terkena flu. Kuncinya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, yang bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Tidur yang cukup adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk sistem kekebalan tubuh kita. Menurut Healthline, mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam empat kali lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur setidaknya tujuh jam semalam. Untuk meningkatkan kualitas tidur – dan dengan demikian menghindari pilek bahkan sebelum masuk radar tubuh Anda – coba gunakan minyak esensial lavender, chamomile, bergamot, dan cendana.

Selain itu, cengkeh merupakan antioksidan yang bersifat anti inflamasi dan membantu meredakan nyeri. Lavender tidak hanya berbau harum dan membantu Anda tidur, tetapi juga anti-inflamasi dan antimikroba (via Verywell Mind). Minyak esensial pohon teh dan kayu putih juga menurunkan sitokin inflamasi, yang membantu mengurangi peradangan.

Gunakan Minyak Esensial ini Ketika Anda Sudah Pilek

Jadi, meskipun ada upaya untuk menangkal pilek, Anda malah mengalami hidung tersumbat, hidung tersumbat, dan batuk. Anda dapat mencoba obat yang dijual bebas – yang kemungkinan akan menutupi gejala – atau Anda dapat menggunakan cara alami dan menggunakan minyak esensial untuk meredakan gejala dan membuat Anda bangkit kembali.

Cara terbaik menggunakan minyak atsiri saat Anda sakit adalah dengan menempatkannya di dalam diffuser sehingga Anda dapat menghirupnya. "Dengan menyemprotkan minyak atsiri ke udara, minyak atsiri dapat mengurangi jumlah virus di lingkungan sebagai antiseptik, " kata Dr. Yufang Lin (via Women's Health). "Saat kita menghirup minyak esensial, kita juga mendapatkan manfaatnya, karena pilek dan [kasus] flu dimulai di saluran pernapasan."

Membuat koktail minyak esensial mungkin yang paling membantu dalam mengalahkan dingin (melalui The Natural Side). Cobalah ramuan lima tetes rosemary, empat tetes eucalyptus, empat tetes peppermint, tiga tetes cypress, dan dua tetes lemon. Menghirup aroma ini dapat membantu meringankan sakit kepala, membuka saluran hidung, dan meningkatkan tidur dan relaksasi, yang membantu Anda sembuh lebih cepat.

Jika Anda tidak memiliki diffuser, cukup letakkan setetes di atas bola kapas atau mandi air hangat dan tambahkan satu atau dua tetes campuran tersebut.**

Berita terkini

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+