Sabtu, 25 Februari 2017 - 00:00:00 WIB

LAM Riau Bakal Sematkan Gelar Kehormatan Datuk Setia Amanah Kepada Gubri

Riaupunya.com -- Dilai sebagai pemimpin yang memiliki perhatian besar terhadap pengembangan budaya Melayu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bakal terima gelar kehormatan Datuk Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Hal ini ditandai dengan berkunjungnya jajaran pengurus LAM ke kediaman orang nomor satu di provinsi ini, Sabtu 25 Februari 2017.

Hadir pada kesempatan ini, Ketua Majlis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Datuk Sri Ok Nizami Jamil. Kemudian Dewan Pimpinan Harian (DPH) Datuk Al Azhar serta berbagai jajaran pengurus lainnya.

Kehadiran pengurus LAM ke kediaman dalam rangka merisik (meminang) kepada orang nomor satu tersebut perihal rencana pemberian gelar Datuk Setia Amanah tersebut. Ada pun alasan rencana pemberian gelar, karena dinilai memiliki perhatian besar terhadap pengembangan budaya melayu.

Ketua DPH LAM Riau Al Azhar menyatakan rencana pemberian gelar karena Gubernur dinilai memiliki komitmen yang jelas kepada pengembangan adat dan budaya melayu.

"Sebenarnya sudah lama kita merencanakan untuk memberikan gelar datuk sri setia amanah kepada tua pemuncak negeri ini namun baru sekarang bisa terlaksana, " kata Al Azhar, Sabtu 25 Februari 2017.

Lebih lanjut dipapar Al Azhar, LAM Riau sudah melaksanakan pertemuan berdasarkan berbagai pertimbangan akhirnya LAM memutuskan memberikan gelar datuk sri setia amanah kepada Gubernur Riau.

Kemudian dari beberapa kebijakan Gubernur Riau dianggap telah menunjukan untuk pengembanga budaya melayu di Riau. Seperti mengeluarkan peraturan Gubernur Muatan lokal budaya melayu di sekolah. Tahun 2015 tuan Gubernur mencanangkan the home land of melayu dilanjutkan dengan Pengembangan Pariwisata Budaya.

"Bagi kami ini menghilangkan kerisauan, karena selama ini Pariwisata selalu meninggalkan esensi budaya, dengan komitmen tuan Gubernur mengembangan Pariwisata berbasis budaya melegakan kami" ujar Al azhar.

Selanjutnya kata Al azhar Gubernur telah mewujudkan dinas khusus untuk pengembangan budaya melayu. "Alhamdulillah hampir 15 tahun barulah dimasa tuan gubernur dinas kebudayaan dapat terwujud" ujar Al Azhar.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang besar diberikan lembaga adat melayu Riau serta menerima pinangan (merisik) atas hajatan dari LAM tersebut.

"Saya berterima kasih atas penghargaan ini, Insyaallah amanah ini saya akan laksanakan dengan baik," ujar Al Azhar.

Ada pun waktu penambalan gelarnya sendiri, LAM Riau mengusulkan pada 15 Maret mendatang. Namun dari pihak Gubernur Riau sendiri akan memberikan waktu kepastian apakah sudah sesuai dengan yang diusulkan LAM tersebut secepatnya.


Sumber: Riauterkini.com

Berita terkini

Lestarikan Budaya, Ini yang Dilakukan Banyuwangi

Rabu, 15 Februari 2017 - 00:00:00 WIB

Hampir 40 Tahun, Musik Gamelan Berkumandang di Luar Angkasa

Jumat, 03 Februari 2017 - 00:00:00 WIB

Isteri Gubernur Riau Hadiri Iven Cian Cui di Meranti

Selasa, 31 Januari 2017 - 00:00:00 WIB

Jadi Dewasa, Para Wanita Suku di Maluku Ini Malah Diasingkan

Senin, 30 Januari 2017 - 00:00:00 WIB

Lima Orang ini Wajib Tahu Kabar Pertunangan Kamu

Minggu, 29 Januari 2017 - 00:00:00 WIB

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+