Senin, 20 November 2017

Wisuda UMRI Periode November 2017 dalam Foto

Riaupunya.com -- Sebanyak 251 lulusan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) diwisuda, Sabtu 18 November 2017. Dalam wisuda ke-13 itu, Nana Lestiana dari program studi Ilmu Komunikasi keluar sebagai pemuncak universitas dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,87 cumlaude.

Atas prestasinya itu, Nana diberikan tropi dan selempang langsung dari Rektor Umri, Dr Mubarak MSi. Sejumlah mahasiswa lainnya yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude juga menerima selempang serupa.

Sebelumnya, Rektor juga memindahkan kucir pada toga para wisudawan sebagai simbol telah berhaknya mereka menyandang gelar diploma atau sarjana. Kepada para wisudawan, Rektor menyampaikan ucapan selamat karena mereka berhasil menyelesaikan masa perkuliahan dengan baik.

Dia berharap, para wisudawan mampu berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, lulusan Umri harus menjadi sarjana yang berkualitas dan berkepribadian baik. Karena, selain menerima ilmu pengetahuan, waktu kuliah mereka juga dibekali dengan pendidikan karakter lewat materi Al Islam Kemuhammadiyahan.

Mubarak juga mengapresiasi para wisudawan yang dianggap ikut berperan membesarkan Umri. Dimana, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah prestasi dan capaian positif telah ditoreh oleh Umri. Baik secara institusi, dosen maupun mahasiswanya.

Ditambahkannya, perkembangan Umri yang cukup membanggakan yaitu telah ditorehkannya Akreditasi Institusi Universitas dengan predikat B. Hal ini membuat Umri telah sejajar dengan universitas lainnya di Riau. Lalu, 13 program studi saat ini juga telah terakreditasi B.

Semua capaian Umri ini dipastikan Rektor bukan atas kerja keras satu pihak semata. Dia menjabarkan, semua terlibat memajukan Umri. Mulai dari cleaning service, sekuriti, pegawai, mahasiswa, dosen-dosen, dekan, wakil dekan, pembantu rektor sampai rektor.

Rektor juga menegaskan bahwa capaian dan keberhasilan yang diperoleh Umri saat ini bukan akhir segalanya. Tapi merupakan lompatan quantum menuju visi Umri. Dengan bersinerginya semua kekuatan ini, maka tidak harus menunggu terlalu tua untuk menikmati yang enak. Tapi sejak usia kampus ini masih muda pun, hal yang membanggakan sudah bisa dinikmati.

Dijelaskan Rektor, lompatan besar yang ingin ia capai kini di antaranya adalah diperolehnya akreditasi A untuk institusi Umri di tahun 2023. Hal ini tentunya diawali dengan beberapa prodi sudah terakreditasi A di tahun 2022.

“Salah satunya yang kami optimisi meraih akreditasi A yaitu Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Hukum dan lainnya. Setidaknya 30 persen bisa meraih akreditasi A,” kata Rektor. Sementara, Prodi yang masih terakreditasi C ditargetkan 2 tahun kedepan sudah menjadi B.

Tak hanya itu, di tahun 2022, jumlah dosen bergelar doktor atau lulusan S3 di Umri bisa mencapai 30 sampai 35 orang. Meski tak terlalu banyak, namun yang ingin doktor yang ada itu berkualitas.

Dengan banyaknya dosen bergelar doktor, Mubarak yakin langkah mengembangkan universitas kedepannya bisa lebih mudah. Di antaranya yaitu, mendirikan program pascasarjana.

Namun, karena program pascasarjana itu termasuk menjadi agenda yang ingin segera dicapai, Rektor mengaku membuat target awal tahun ajaran 2018, sudah berdiri. “Saat ini kami masih menginventarisir sejumlah doktor agar terlibat,” katanya.

Selain program pascasarjana, Mubarak juga menyampaikan akan ada ada penambahan prodi di Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan tahun 2018 mendatang. Yaitu, Prodi Pendidikan IPA serta Pendidikan Teknologi. Saat ini proses perijiannya sudah dilakukan dan Umri tinggal menunggu salinan putusannya.

Ditanya alasannya membuka dua prodi itu, Rektor menjelaskan bahwa Umri berupaya memenuhi kebutuhan guru IPA yang ada di Riau. Selain itu, untuk Prodi Pendidikan Teknologi tujuannya yaitu mencetak pengajar-pengajar di SMK. Prodi itu dianggap penting karena memang masih belum ada di Riau.(dra)

Cari Judul Berita

Riau Punya Update

Follow Twitter

Google+

Advertorial

Religi

Peduli Covid 19, YAZID Serahkan Sembako Kepada Mustahik

Peduli Covid 19, YAZID Serahkan Sembako Kepada Mustahik

Selasa, 05 Mei 2020 - 17:35:21 WIB
Fikom UIR Bedah Mushalla di Inhu

Fikom UIR Bedah Mushalla di Inhu

Rabu, 01 April 2020 - 09:55:24 WIB
UIR Lepas 12 Pegawai Umroh

UIR Lepas 12 Pegawai Umroh

Jumat, 03 Januari 2020 - 11:30:11 WIB
Pembekalan Dasar Bimbingan Baca Al Quran

Pembekalan Dasar Bimbingan Baca Al Quran

Rabu, 27 November 2019 - 06:25:24 WIB